BENTENG KUTO BESAK

                       
 BENTENG KUTO BESAK



What is Kuto Besak Fortress? ya Benteng Kuto Besak adalah suatu tempat destinasi wisata yanag ada di palembang, Benteng Kuto Besak  ini menjadi saksi bisu kekuatan Kesultanan Palembang Darussalam. Penggagas benteng tersebut adalah Sultan Mahmud Badaruddin I (1724-1758) kemudian pengerjaannya diselesaikan oleh Sultan Mahmud Bahauddin (1776-1803).
Pada masa itu Kota Palembang dikelilingi anak sungai sehingga membuat wilayah kota seperti pulau-pulau. Sementara Kuto Besak saat itu dibangun di atas pulau yang dibatasi Sungai Sekanak di bagian barat, Sungai Tengkuruk di bagian timur, dan Sungai Kapuran di bagian utara.
Benteng Kuto Besak juga menjadi bangunan yang masih tersisa dari Kesultanan Palembang Darussalam selain Masjid Agung. Hal itu karena dulu banyak peninggalan kesultanan dibumihangsukan oleh tentara Belanda.
Kini Benteng Kuto Besak menjadi tujuan favorit saat berlibur ke Palembang. Bahkan benteng ini menjadi satu dari 10 destinasi yang disiapkan Sumatera Selatan untuk Peserta Asian Games 2018. Pihak pemerintah juga telah menata sedemikian rupa kawasan pelataran di depan Benteng Kuto Besak menjadi sebuah plaza atau alun-alun. Terkadang tempat tersebut menjadi lokasi acara atau festival dengan panggung hiburan.
Di Benteng Kuto Besak ini salah satu tempat di Palembang yang sangat ramai ketika tahun baru, Benteng Kuto ini akan lebih indah ketika malam hari . Disana juga banyak terdapat penjual yang menjual makanan khas dari Palembang seperti pempek Palembang,lenggang,dll.




 

Jl. Sultan Mahmud Badarudin, 19 Ilir, Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30113

BENTENGKUTOBESAK

https://www.youtube.com/watch?v=dNgVAyk8iCK
Referensi ;
https://mydailymail.files.wordpress.com/2018/02/benteng-kuto-besak-pada-sore-hari.jpg http://1.bp.blogspot.com/_FNBYglbRAiU/TVG4Xy-yjlI/AAAAAAAAABQ/ZhnDUiRj-Q0/s1600/bkb.jpg https://sultanpalembang.com/benteng-kuto-besak-melihat-kejayaan-palembang-lampau/ https://media-cdn.tripadvisor.com/media/photo-s/09/00/c2/00/benteng-kuto-besak.jpg http://1.bp.blogspot.com/-pEtNYIC7Ysk/Umj-PZZHWDI/AAAAAAAACUw/2zAcH-Y4wPo/s1600/DSC00008.JPG http://www.pergiberwisata.com/wp-content/uploads/2016/09/benteng-kuto-besak.jpg https://mpcultra.com/rc/wp-content/uploads/partners/wonderful-indonesia2.png https://png.pngtree.com/element_our/md/20180524/md_5b072d393d61e.png http://images.clipartpanda.com/location-icon-map-png-location_icon.png

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PULAU KEMARO

MUSEUM NEGERI BALAPUTRA DEWA