PEMPEK PALEMBANG NIKMAT

PEMPEK PALEMBANG MAKNYUSS



Pempek atau sering disebut empek empek alias mpek mpek menurut sejarahnya dikenal mulai abad ke-16 di daerah Palembang. Hasil ikan dari sungai Musi melimpah bahkan terkadang diabaikan saja. Melihat hal itu dan peduli dengan jumlah ikan yang melimpah, orang-orang peranakan Tionghoa yang tinggal di pinggiran Sungai Musi (Sering disebut orang ulu atau rakit. Istilah guyonannya kadang dipanggil orang Perancis =Peranakan Cina Seberang) mengolah ikan tadi dengan tepung terigu menjadi sebuah penganan yang selain untuk dimakan sendiri juga dijual keliling dengan cara bersepeda. Awalnya makanan ini belum punya nama. Namun karena yang jual laki-laki peranakan Tionghoa, disebut empek-empek (bahasa Indonesianya artinya Paman), sebutan untuk orang yang jual akhirnya menjadi nama makanannya. Jadilah nama makanannya Empek empek alias Mpek mpek alias Pempek.
Makanan mpek mpek ini dimakan bersama dengan kuahnya atau sausnya, kalau di Palembang disebut Cuko. Awalnya bahan baku ikannya adalah ikan Belido, karena awalnya ikan ini melimpah di Sungai Musi. Namun seiring waktu, peningkatan kebutuhan akan kuliner pempek ini yang tinggi, tidak terimbangi dengan jumlah ikan Belido, pempek pun dibuat dari ikan Tenggiri, ikan Gabus, pada umumnya, ada juga yang membuatnya dari ikan laut lainnya. Di PempekLenjer.com sendiri pempek dibuat dari ikan tenggiri dan ada spesial dari ikan Belido. Sekarang ini pempek sudah dikenal secara nasional dan bahkan menjadi oleh-oleh kuliner khas Palembang. Berbagai jenis pempek berdasarkan bentuknya seperti Pempek Kapal Selam, pempek adaan, pempek keriting, pempek kulit, pempek lenjer, pempek telor, pempek pistel, pempek tahu dan pempek sosis. 


Resep Pempek Ikan Tenggiri Mudah dan Praktis
Indonesia kaya akan beragam makanan daerah yang lezat dan populer. Salah satu makanan daerah paling populer dan nikmat datang dari kota Palembang, Sumatera Selatan. Umumnya, pempek terbuat dari campuran ikan dan tepung kanji apabila kalian ingin makan pempek namun tidak ingin repot dan takut dengan berbagai bahan ,makanan yang kalian dapat membuatnya sendiri!
Hal pertama yang harus diingat ketika membuat pempek ikan tenggiri adalah pastikan untuk memilih ikan tenggiri dengan kualitas terbaik dan yang masih segar. Hal ini dilakukan agar menghasilkan kualitas pempek terbaik dengan citarasa yang lezat.
Bahan membuat pempek ikan tenggiri:    
1 kg daging ikan tenggiri, haluskan hingga serabut-serabut putih dari daging terangkat
250 ml air putih
tepung kanji secukupnya
2 sdm minyak goreng
garam secukupnya
2 butir telur ayam
2 sdm kaldu bubuk
Cara membuat pempek ikan tenggiri:
Rebuslah air dan garam serta kaldu bubuk hingga mendidih
Campurkan ikan tenggiri yang telah dihaluskan dengan telur, aduk hingga tercampur
Masukan rebusan air dan aduk hingga adonan kalis
Tambah tepung kanji secukupnya hingga adonan bisa diuleni, jika ingin tekstur kenyal masukkan lebih banyak tepung kanji
Adonan siap dibentuk sesuai keinginan
Rebuslah air dalam wadah panci. Tambahkan minyak goreng, masak hingga mendidih
Masukkan pempek yang sudah selesai dibentuk
Rebuslah dalam air mendidih dengan api sedang hingga pempek mengapung. Agar pempek matang secara sempurna, teruskan merebus hingga sekitar 4-5 menit
Angkat dan tiriskan. Pempek telah siap dihidangkan

Tips: Berbagai macam jenis pempek dapat kamu buat dengan resep ini, seperti pempek lenjer, andaan, atau kapal selam.
Pempek adaan: Ambil adonan secukupnya, kemudian tambahkan daun bawang iris serta telur kemudian diaduk. Bentuk adonan menjadi bola-bola.
Pempek lenjer: Bentuk adonan seperti silinder.
Pempek kapal selam: Dengan jumlah adonan secukupnya, bentuk seperti mangkuk dan isi dengan telur ayam mentah. Jangan lupa untuk direkatkan sehingga tidak bocor.
Nah itu dia tadi resep pempek ikan tenggiri mudah dan praktis. Namun, rasanya belum lengkap makan pempek ikan tenggiri apabila tidak dilengkapi dengan kuah cuko lezat! Kuah ini sangat mudah dibuat,o! Simak caranya berikut ini:
Bahan membuat cuko pempek:
200 g bawang putih
1 kg gula merah
3 sdm cuka putih
2 liter air
garam secukupnya
cabai rawit sesuai selera
Cara membuat kuah cuko pempek:
Masaklah air secukupnya bersama gula merah hingga larut
Haluskan bawang putih dan cabai rawit
Masukkan bawang putih dan cabai rawit yang telah dihaluskan ke dalam air dan gula merah
Tambahkan cuka dan garam, rebus dengan api kecil sekitar 1 jam hingga agak kental
Jika sudah cukup kental, angkat dan saring kuah cuko
Sajikan selagi hangat bersama pempek
Toppers, bagaimana setelah melihat resep pempek ikan tenggiri mudah dan praktis tadi? Mudah kan untuk membuat sajian pempek ikan tenggiri lezat dari dapur sendiri? Tidak usah repot-repot keluar rumah untuk membeli sajian ini, tinggal ikuti saja langkah yang telah diberikan. 
Umumnya makanan ini dibuat dari ikan gabus atau tenggiri. Tetapi sebenarnya pempek yang otentik dibuat dari belida, ikan yang hidup di sungai Musi. Ikan ini sudah sulit didapatkan, jadi lebih populer menggunakan ikan laut.

Kamu juga dapat bereksperimen sendiri dengan menambahkan berbagai dukungan bahan untuk membuat pempek menjadi lebih lezat. Tips terpenting adalah untuk menggunakan bahan-bahan masakan segar dan terbaik, maka santapan yang dihasilkan juga pastinya lezat.



@ Pempekcandy
@Pempek.wancik
@Pempekhoney
@pempeknyonyakamto

https://www.youtube.com/watch?v=DS7ibKt9rf4
https://www.youtube.com/watch?v=FJIuWa2txAI
Referensi:
http://www.pempek-tenny.com/wp-content/uploads/2016/06/Pempek-Keriting-262x325.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-b_7qGzGjoxU/U1YzqSV3gDI/AAAAAAAAClU/cvxnkL9wbic/s1600/pp1.jpg
https://www.tokopedia.com/blog/resep-cara-membuat-pempek-ikan/
https://www.pempek.co.id/
http://2.bp.blogspot.com/-_WO6JtxKdYk/UsB2D2bPODI/AAAAAAAAEks/tI9ScNsalc4/s1600/pempek+nasiadaan.jpg
http://pempeklenjer.com/about-us/
https://www.merdeka.com/gaya/cara-membuat-pempek-kln.html


Komentar

Postingan populer dari blog ini

BENTENG KUTO BESAK

PULAU KEMARO

MUSEUM NEGERI BALAPUTRA DEWA